Soal Penyaluran KPR Subsidi, BTN Akui Sudah Sesuai Aturan Simak Selengkapnya

Tidak hanya menggenjot pembiayaan perumahan dalam rencana Program Satu Juta Rumah, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memiliki komitmen taat mengalirkan credit pemilikan rumah (KPR) subsidi sama dengan ketetapan yang laku.

Direktur Konsumer Bank BTN Handayani menjelaskan pihaknya sudah memfasilitasi syarat-syarat yang diputuskan Kementerian PUPR berkaitan penyaluran KPR Subsidi.

Kriteria itu salah satunya seperti persyaratan pendapatan nasabah yang dibatasi untuk ajukan KPR, surat pengakuan belum mempunyai rumah, sampai surat pengakuan dari nasabah jika rumah subsidi itu akan dihuni.

Menurut Handayani, bila hasil dari pengawasan atas KPR Subsidi itu ada rumah yang tidak ditempati, jadi Bank BTN akan lakukan banyak hal.

Salah satunya, Bank BTN akan mengemukakan surat pada debitur untuk selekasnya menempati rumah itu atau minta fakta kenapa rumah subsidi itu tidak ditempati.

“Jika ada data-data yang menerangkan jika debitur tidak penuhi persyaratan untuk memperoleh KPR Subsidi, jadi Bank BTN akan merubah sarana KPR Subsidi itu jadi KPR Non-subsidi sama dengan bunga yang laku di perseroan waktu itu,” jelas Handayani, Selasa (3/10/2017).

Baca Juga : Harga Semen

Sampai kini, lanjut Handayani, Bank BTN juga selalu bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan sebagai entitas yang ditunjuk menjadi pengawas serta pihak yang lakukan pelajari pada kapasitas penerapan program FLPP.

“Sesuai dengan ketetapan Menteri PUPR, Bank BTN sudah kooperatif dengan menyiapkan data yang dibutuhkan dalam penerapan pekerjaan pengawasan, pemantauan, serta pelajari dan mengikuti di lapangan,” papar Handayani.

Mengenai, Handayani menerangkan bila ada penemuan berbentuk rumah yang belum dihuni, lanjut Handayani, dapat mempunyai bermacam peluang.

“Bisa jadi nasabah geser ke kota lainnya sebab geser kerja, atau akses ke tempat yang belum mencukupi,” katanya

Yang akan datang, Bank BTN selalu kooperatif serta bekerjasama dengan Kementerian PUPR berkaitan penyaluran KPR subsidi itu. Bank BTN, tambah Handayani, akan membuat team kerja spesial yang mengikuti unit kerja PUPR dalam lakukan pelajari langsung di lapangan.

Artikel Terkait : Harga Plafon Gypsum – GRC

Ia mengharap, beberapa beberapa pihak berkaitan seperti kelompok pengembang juga turut bekerja bersama patuhi ketetapan Kementerian PUPR untuk wujudkan Program Satu Juta Rumah dalam rencana tingkatkan kesejahteraan penduduk Indonesia.

Semenjak pertama-tama Program Satu Juta Rumah di luncurkan sampai sekarang ini, Bank BTN pula selalu memiliki komitmen jadi integrator penting program nasional itu. Pada tahun ini, Bank BTN mengincar akan memberi suport pembiayaan perumahan untuk 666.000 unit rumah dalam rencana menyukseskan Program Satu Juta Rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *