Pemerintah Gandeng BNI Salurkan Subsidi Rumah Murah Bagi MBR Simak Ulasanya

Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menjadi satu diantaranya bank yang mengalirkan sarana subsidi beda bunga (SSB). Penyaluran SSB ini adalah kali pertamanya buat BNI, yang awal mulanya mengalirkan subsidi FLPP.

Pada step pertama ini akan dikasihkan untuk seputar 15.000 unit rumah spesial buat penduduk berpendapatan rendah (MBR) sampai akhir tahun ini. Melalui SSB, jadi pemerintah memberi pertolongan dengan mensubsidi bunga KPR hingga penduduk masih dapat mencicil dengan bunga 5% selama tahun tenor berjalan.

Baca Juga : Harga Kanopi Minimalis Baja Ringan

Direktur Usaha Konsumer BNI, Anggoro Eko Cahyo menjelaskan, karenanya ada sarana SSB ini, akan makin banyak grup MBR yang mempunyai akses pada pembiayaan perumahan murah.

“Tersedianya rumah yang dapat dijangkau daya beli penduduk berpendapatan rendah adalah prioritas nasional sekarang ini, kami mengharap BNI bisa menjadi sisi dari jalan keluar atas tersedianya rumah itu,” tuturnya dalam penandatanganan PKS dengan Kementerian PUPR di Kantor BNI Pusat, Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Sesaat Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Lana Winayanti menjelaskan, ikutnya BNI mengalirkan SSB akan memberi semakin banyak peluang buat penduduk untuk memperoleh sarana pembiayaan beli rumah pertama.

“Kita pula perlu edukasi penduduk untuk beralih paradigmanya pada credit konsumtif, tetapi jadi miliki rumah dahulu daripada miliki mobil elegan dan lain-lain,” katanya dalam peluang yang sama.

Mengenai project tempat tinggal yang wajar memperoleh SSB ialah rumah berharga jual seputar Rp 123 juta per unit, serta apartemen atau rumah susun yang berharga jual Rp 320 juta per unit.

BNI pula memberi keringanan untuk penduduk berpendapatan rendah supaya bisa terhubung pembiayaan dengan uang muka dari mulai 1% serta bunga Credit Pemilikan Rumah (KPR)/Credit Pemilikan Apartemen (KPA) sebesar 5%. Credit itu pula dikasihkan untuk cicilan masih saat 25 tahun, tambah lebih mudah dari KPR komersial.

Artikel Terkait : Harga Pasir Bangunan 1 Colt / 1 Truk

SSB cuma dikasihkan pada pekerja masih yang mempunyai pendapatan optimal Rp 4 juta per bulan, untuk pembelian rumah bersubsidi. SSB pula dikasihkan pada pekerja masih yang mempunyai pendapatan optimal Rp 7 juta per bulan, untuk pembelian apartemen bersubsidi.

Seperti didapati, untuk mempermudah penduduk terhubung pembelian rumah murah, pemerintah sudah menyiapkan beberapa pola program salah satunya mencakup Sarana Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Beda Bunga (SSB), serta Subsidi Pertolongan Uang Muka (SBUM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *