Daftar Harga Semen Berbagai Merk November 2017

Daftar Harga Semen Terbaru Hari Ini – Mungkin bagi sebagian orang mengira harga jika jenis-jenis semen yang ada di pasaran semuanya sama. Tapi tahukah anda, ternyata produk semen sendiri terdiri dari banyak jenis tetapi hanya beberapa jenis semen saja yang dijual di pasaran dan juga berbagai merk seperti semen gresik, semen tiga roda serta masih banyak lagi lainnya. Sedangkan untuk jenis-jenis semen lainnya tidak dijual secara masal, karena hanya bisa didapat melalui sistem pemesanan langsung ke pabrik semen yang bersangkutan. Setiap jenis semen tentunya memiliki kelebihan dan juga fungsi yang berbeda, misalnya saja jenis semen yang digunakan untuk membangun rumah tentu saja berbeda dengan jenis semen yang digunakan pada proyek-proyek besar seperti jembatan layang, jalan beton dan proyek-proyek besar lainnya.

Daftar Harga Semen

Daftar Harga Semen

Harga semen pada setiap jenisnya pun berbeda-beda, karena sudah jelas kualitas dan bahan baku yang digunakan pun berbeda. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan membagikan informasi mengenai daftar harga semen terbaru. Namun sebelum kami menjelaskan lebih jauh, untuk menambah pengetahuan kami akan mengulas tentang jenis-jenis semen terlebih dahulu.

Jenis-Jenis dan Harga Semen Biasa

Untuk semen jenis ini merupakan jenis semen yang umum digunakan masyarakat kita untuk membangun rumah dan sebagainya, jenis semen ini disebut dengan nama Portland. Ciri-ciri dari semen Portland ini berupa semen bubuk berwarna abu-abu, fungsi dari semen ini yaitu biasa digunakan untuk keperluan umum dan terbuat dari bahan utama dari batu kapur yang diolah menggunakan mesin berteknologi tinggi pada suhu yang sangat tinggi.

Jenis semen Portland sendiri terbagi menjadi 5 tipe, yaitu :

  1. Semen Portland Tipe I

Tipe semen yang satu ini sangat umum dan tentunya sering anda jumpai di sekitar anda yang dijual secara bebas di pasaran. Tipe semen Portland sering digunakan oleh masyarakat umum untuk membangun rumah dan keperluan bangunan lainnya, penggunaan semen ini pun tidak memperlukan persyaratakan secara karena tidak menyebabkan hidrasi panas dan juga kekuatan pada tekanan awal. Jenis semen ini sering digunakan untuk mendirikan bangunan rumah pemukiman warga dan juga bangunan-bangunan berskala kecil lainnya. selain itu, karakteristik dari semen Portland tipe 1 ini sangat cocok untuk digunakan pada lokasi bangunan yang berada jauh dari lokasi pantai dan juga memiliki tingkat kadar sulfat yang rendah.

  1. Semen Portland Tipe II

Berbeda letak geografis tentunya juga memiliki perbedaan pada kadar asam sulfat yang terkandung dalam air dan tanah serta memiliki tingkat hidrasi yang berbeda pula. Maka dari itu, kondisi tersebut mampu mempengaruhi kebutuhan terhadap jenis semen yang akan digunakan dalam mendirikan bangunan. Jenis semen tipe II umumnya lebih sering digunakan pada bangunan yang lokasinya dekat dengan oantai, rawa, dermaga, bendungan dan juga lokasi lain yang memiliki kadar air tinggi. Selain itu, semen tipe II juga lebih tahan terhadap kadar asam sulfat sekitar 0.10 sampai dengan 0.20 persen dan memiliki hidrasi tingkat sedang.

  1. Semen Portland III

Berbeda halnya denhan semen Portland tipe I dan II, Semen Tipe III ini harus memenuhi syarat khusus saat menggunakannya. Hal ini dikarenakan, semen Portland tipe III ini memiliki karakteristik pada daya tekan awal yang lebih tinggi dan segera selesaikan pekerjaan kontruksi bangunan karena proses pengeringannya sangat cepat. Semen ini biasa digunakan dalam proyek pembangunan jalan beton, jalay layang dan juga sering digunakan pada bangunan dalam air. ketahanan bangunan yang menggunaka semen Portland tipe III ini sebanding dengan 3-5 kali lebih kuat dibandingkan dengan tipe Portland I.

  1. Semen Portland Tipe IV

Semen tipe ini tidak membutuhkan tingkat panas hidrasi yang rendah, sehingga pada saat proses pengeringan bangunan tidak akan mengalami keretakan. Tipe semen ini biasa digunakan untuk membuat DAM hingga membuat lintasan penerbangan.

  1. Semen Portland Tipe V

Tipe semen yang terakhir ini sering digunakan pada kontruksi bangunan yang membutuhkan kekuatan dan daya tahan tinggi terhadap kadar sulfat tingat tinggi yang mencapai lebih dari 0.20%. tipe semen ini biasa digunakana pada kawasan yang memiliki kadar sulfat sangat tinggi seperti di sekitar rawa-rawa, pantai dan juga kawasan pertambangan. Semen ini biasanya sering digunakan pada kontruski bangunan seperti bendungan, pembangkit tenaga nuklir, kontruksi dalam air dan juga pelabuhan.

Baca Juga :

Tipe – Tipe Semen Campuran

Jenis semen campuran terdiri dari beberapa tipe, yaitu :

  1. Tipe Portland Composite Cemen

Portland Composite Cemen merupakan jenis semen campuran yang sering digunakan sebagai bahan pengikat pada kontruksi bagunan beto umum, beton cetak, Paving Block, pemasangan bata, plesteran dan pengacian. Proses pemakaian dari tipe semen ini lebih mudah digunakan dan kedap air, lebih tahan sulfat dan juga tidak mudah retak. Jenis semen ini terbuat dari bahan dasar terak, bahan anoraganik dan juga gypsum.

  1. Tipe Super Portland Pozzolan Composite Cement

Fungsi dari jenis semen yang satu ini yaitu sering digunakan pada kontruksi beton dengan massa kontruksi yang berada di sekitar tepi-tepi pantai atau tanah disekitar rawa-rawa yang mengharuskan memiliki tingkat ketahanan dari asam sulfat, lebih tahan hidrasi pasan tingkat sedang dan juga pemasangan plesteran. Kontruksi bangunan yang biasa menggunakan semen ini yaitu seperti jalan raya, perumahan, dermaga dan lain sebagainya.

  1. Tipe Special Blended Cemeny

Special Blended Cemeny merupakan tipe semen yang biasa digunakan untuk pembangunan-pembanguan berkekuatan tinggi. Salah satu bangunan yang menggunakan jenis semen ini yaitu jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Surabaya dan madura. Jenis semen ini juga dapat memenuhi kebutuhan pada kontruksi yang ada di dalam air laut, misalnya saja jembatan Suramadu.

  1. Tipe Super Masonry Cement

Fungsi dari Super Masonry Cement yaitu dapat digunakan sebagao bahan dasar dalam pembuatan genteng beton, Paving Block, Tegel dan juga Hollow Brick. Tipe semen ini sering digunakan pada kontruksi bangunan rumah ataupun irigasi dengan struktur beton ringan.

  1. Tipe Oil Well Cement (OWC) Class G-HSR (High Sulfate Resistance)

Tipe semen ini khusus untuk dipergunakan untuk kontruksi bagunan dengan tingkat kedalaman dan temperatur tinggi yang telah disesuaikan, serta tingkatb kecepatan proses pengerasan dikurangi, semen ini biasa digunakan untuk pembuatan sumur bumi yang berada di bawah permukaan bumi dan laut.

  1. Tipe Semen Thang Long PCB40

Tipe semen ini memiliki daya tahan yang sangat tinggi terhadap kadar asam sulfat, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada bangunan bawah tanah dan juga bawah air. selain itu, semen ini juga lebih kedap air dan lebih tahan lama.

  1. Tipe Semen Thang Long PC50

Tipe semen ini biasa digunakan pada proyek-proyek besar dengan tingkat ketahanan dan kerumitan tinggi, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada kontruksi bangunan yang membutuhkan ketahanan tingkat tinggi.

  1. Semen Putih

Tipe semen ini biasa digunakan untuk membuat lapisan keramik sampai dengan dekorasi interior dan juga ekstrior. Merek semen yang beredar di pasaran diantaranya merk Tiga Roda, Semen Putih Cap Gajah, Semen Putih Cap Panda dan juga Plamur Kingkong.

  1. Semen Acian/Mortar TR30

Tipe semen ini memiliki daya rekat yang sangat tinggi dan mampu memberikan hasil permukaan yang lebih halus, sehingga permukaan dinding tidak akan mudah retak dan terkelupas.

Tidak semua jenis semen diatas dijual bebas di pasaran, sehingga hanya beberapa jenis semen saja yang bisa anda temukan di toko-toko bangunan.

Bagi anda yang berencana akan membangun sebuah rumah atau kontruksi bangunan lainnya, sebelum membangun pastinya anda akan mencari informasi terlebih dahulu untuk mengetahui harga terbaru bahan-bahan material bangunan yang dibutuhkan salah satunya yaitu harga semen terbaru. Untuk itu, kami juga telah siaokan daftar harga semen terbaru yang mungkin dapat anda jadikan pertimbangan memilih semen apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Daftar Harga Semen Berbagai Merk November 2017

Daftar Semen Berbagi Merk Satuan Harga
Semen Putih Tiga Roda (WC) Per Sak 105,000,-
Semen Putih Tiga Roda (WM) Per Sak 95,000,-
Semen Tiga Roda(Indocement) Per Sak 71,000,-
Semen Baturaja Per Sak 72,000,-
Semen Padang Per Sak 70,000,-
Semen Holcim Per Sak 71,000,-
Semen Gresik 40kg 60.000,-
Semen Padang 50kg 70.000,-
Semen Padang 40kg 59.000,-
Semen Putih Tiga Roda Per Sak 90.000,-
Plamur Kingkong Per Sak 125,000,-
Semen Putih Gajah Per Sak 100,000.-
Semen Tiga Roda 50kg 73.000,-
Semen Tiga Roda 40kg 62.000,-
Semen Holcim 50kg 72.000,-
Semen Holcim 40kg 61.000,-
Semen Gresik 50kg 71.000,-

Itulah daftar harga semen terbaru yang dapat kami informasikan kepada anda semua, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Daftar Harga Semen Berbagai Merk November 2017 | Pak Bejo | 4.5