Dua Motor Langka di Dunia Ini Dibeli Seharga Yamaha Nmax Berikut Cuplikanya

Ada dua sepeda motor koleksi Merpati Museum Yogyakarta sebagai rare item serta termasuk juga sangat langka pada dunia. Dua motor langka itu merupakan Indian model Power Plus produksi Amerika tahun 1916 serta Chater Lea 1924 keluaran Inggris. Hebatnya, dua motor bangkotan itu tetap original semua komponennya serta dapat beroperasi laiknya motor normal!

Motor Indian 1916 itu membawa mesin gahar V-Twin dengan kemampuan mesin 1. 000 cc dan Chater Lea 1924 tersemat mesin memiliki 350 cc. Kedua-duanya dipajang berdampingan mesra di lantai dua museum yg punyai koleksi 400 motor tua keluaran diatas tahun 1980 itu.

” Buat Chater Lea itu oleh kolektor serta peminat motor dimaksud tinggal salah satu pada dunia, tetapi yg Indian mungkin salah satu di Indonesia, ” kata pemilik serta pendiri Merpati Museum David Sunar Handoko terhadap Tempo di kantornya Jalan KH. Ahmad Dahlan Yogya, Sabtu 9 Maret 2019 waktu lalu.

Terus bagaimana bos jaringan dealer motor Merpati Kelompok itu dapatkan dua motor harta karun itu?

Baca Juga : Harga Velg Motor Recing

Artikel Terkait : Harga Lampu HID MOtor & Mobil

Handoko memaparkan mendekati akhir tahun 1990 an–saat bapak dua anak itu tetap senang berburu motor antik–seorang kenalannya di Jakarta memberi kabar apabila beberapa pemukiman daerah Segitiga Senen bakal dibongkar serta berubah jadi Atrium Senen. Pada bangunan yg ingin dibongkar kala itu ada suatu dealer motor tua yg udah gak beroperasi kembali.

Rupanya dealer motor tua di daerah Segitiga Senen itu punyai sejenis gudang bawah tanah yg dimanfaatkan menyimpan beberapa koleksi motor tua yg tertutupi dengan balok-balok kayu buat menyamarkan tempatnya.

Sang pemilik dealer tua itu berniat menyimpan beberapa motor tuanya di gudang itu biar gak dijarah tentara Jepang pada waktu pendudukan.

Dalam gudang tersebut ada motor-motor langka seperti Indian 1916 serta Chater Lea 1924 dan sejumlah Harley-Davidson. Kala pemukiman itu jadi dibongkar, belasan motor tua dari gudang itu lantas turut dikeluarkan serta di letakkan ditepi jalanan.

” Saya patungan dengan kawan terus beli motor-motor itu, saya bisa 12 motor dari gudang itu yg salah satunya ya Indian 1916 serta Chater Lea 1924 itu, ” kata Handoko.

Handoko menyatakan dapatkan Indian 1916 kala itu seharga Rp 16 juta serta buat Chater Lea 1924 dia beli sejumlah Rp1 2, 5 juta. Harga dua motor legendaris itu lantas cuma sejumlah Yamaha Nmax baru.

Handoko memaparkan dua motor langka itu kala diketemukan tetap bagus kondisinya hingga dia gak butuh merogoh kocek banyak buat membangunnya.

” Wong semua fungsinya tetap baik, ” pungkasnya.

Handoko mengaku sejak mulai dua motor antik itu di bawa serta dipajang di museumnya, gak dikit kolektor yg berkeinginan punyai. Namum gak satupun yg hingga bernyali berikan angka nominal penawaran.

” Rata-rata yg berkeinginan cuman bertanya ‘Dijual gak? ‘ saya langsung jawab ‘Tak bakal saya jual’, jadi mereka langsung stop gak hingga nawar, lantaran berapakah lantas motor langka itu saya gak jual, ” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *